Jenis Makanan dengan Kandungan Karbohidrat Rendah

Jenis Makanan dengan Kandungan Karbohidrat Rendah – Karbohidrat adalah salah satu zat gizi yang meliputi karbon, oksigen dan hidrogen. Senyawa organik atau sering disebut dengan pati, glikogen, sakarida atau hidrat arang. Karbohidrat dapat memberikan rasa manis yang alami terhadap makanan. Dengan demikian salah satu ciri makanan dari makanan yang mengndung karbohidrat yakni mempunyai rasa yang manis.

Fungsi dari karbohidrat sendiri sebagai berikut:

1. Sebagai bahan cadangan makanan yang bisa disimpan di dalam tubuh dengan bentuk lemak.

2. Sebagai bahan bakar atau sebagai penghasil energi (misalnya glukosa).

3. Berperan untuk menjaga keseimbangan terhadap asam basa.

4. Membentuk struktur sel dengan mengikat lemak serta protein.

5. Dapat melancarkan pencernaan.

Berdasarkan ukuran dari molekulnya, karbohidrat bisa diklasifikasikan ke dalam tiga kategori diantaranya:

1. Monosakarida

2. Disakarida

3. Polisakarida

Terdapat beberapa jenis penyakit yang berkaitan dengan karbohidrat, jenis penyakit tersebut diantaranya:

1. Laktose intolerance merupakan gangguan terhadap metabolisme, hal ini diakibatkan oleh defisiensi enzim yang bernama laktase.

2. Diabetes melitus merupakan gangguan terhadap metabolisme karbohidrat.

3. Obesitas merupakan berat badan yang lebih dari normal atau kegemukan yang bisa diakibatkan terlalu banyak jumlah karbohidrat di dalam tubuh.

4. Marasmus merupakan keadaan kekurangan nutrisi, khsusnya protein dan kalori.

Jenis Makanan dengan Kandungan Karbohidrat Rendah

Jenis Makanan dengan Kandungan Karbohidrat Rendah

Berikut merupakan jenis makanan yang rendah karbohidrat, diantaranya:

1. Daging merah
Daging merah misalnya kerbau, sapi dan kambing merupakan makanan yang bebas karbohidrat kecuali jenis makanan dengan berbahan daging olahan.

2. Ikan
Ikan adalah salah satu jenis makanan yang kaya dengan berbagai kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Ikan mempunyai kandungan karbohidrat yang rendah dan memiliki kandungan tinggi protein. Ikan laut misalnya jenis ikan tuna, salmon, serta makarel adalah jenis ikan laut yang kaya dengan asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 adalah jenis nutrisi yang sangat begruna untuk menjaga kesehatan organ jantung, dapat menurunkan tekanan darah, dapat meningkatkan fungsi otak, serta dapat menyehatkan indera penglihatan, dan lain sebagainya.

3. Daging unggas
Daging unggas misalnya ayam mempunyai kandungan yang rendah dengan karbohidrat. Daging ayam mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi yang berupa asam amino. Daging ayam merupakan sumber vitamin serta mineral. Daging ayam juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, serta vitamin D. Selain itu mengandung mineral yang berupa zat besi, natrium, kalium, serta fosfor.

4. Keju
Keju merupakan salah satu produk yang berbahan dasar susu dengan kandungan yang rendah karbohidrat. Keju adalah produk olahan susu dimana prosesnya dengan melalui pengentalan dengan bantuan bakteri ataupun enzim tertentu. Keju mempunyai kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan susu.

5. Telur
Telur merupakan salah satu jenis makanan sebagai sumber protein. Telur merupakan jenis makanan dengan kandungan rendah lemak. Telur mempunyai kandungan gizi yang berupa vitamin A, natrium, kalium, vitamin B1, vitamin B6, serta vitamin D.

6. Aneka jenis sayur
Kandungan gizi yang ada dalam sayuran dapat membantu tubuh memenuhi kebutuhan akan asupan vitamin dan juga mineral. Sayur bermanfaat untuk menunjang penampilan sebab bisa menjaga kesehatan kulit. Beberapa jenis sayuran yang rendah karbohidrat yaitu kecambah, selada, seledri, brokoli, asparagus, kembang kol, labu, kangkung, tomat, terong, bawang, mentimun, bayam dan paprika.

7. Aneka jenis buah
Buah merupakan jenis makanan yang termasuk rendah karbohidrat. Jenis buah tersebut yaitu zaitun, kelapa, alpukat, aprikot, nanas, melon, semangka, pisang, pepaya, lemon, apel, jeruk, anggur, kiwi, manggis, strawberry, dan blueberry.

author
No Response

Leave a reply "Jenis Makanan dengan Kandungan Karbohidrat Rendah"