Tips Cara Mengatasi Untuk Kekurangan Gizi

No comment 728 views

Tips Cara Mengatasi Untuk Kekurangan Gizi – Kekurangan gizi adalah suatu keadaan dari gejala malnutrisi dengan kondisi perkembangan fisik atupun mental yang kurang maksimal yang dapat terjadi sebagai akibat terjadinya gangguan antara kurang asupan nutrisi atau mengalami gangguan terhadap proses penyerapan nutrisi yang sudah masuk ke dalam tubuh penderitanya.

Tips Cara Mengatasi Untuk Kekurangan Gizi

Tips Cara Mengatasi Untuk Kekurangan Gizi

Berikut merupakan faktor penyebab kekurangan gizi, diantaranya:

1. Kurang asupan nutrisi
Kurangnya asupan nutrisi yang dapat masuk ke dalam tubuh merupakan faktor penyebab yang sangat mendasari, meskipun sistem tubuh dapat menyimpan cadangan energi dengan jenis lemak serta beragam vitamin mineral, akan tetapi apabila melakukan aktivitas akan menghabiskan energi, sedangkan tidak disertai dengan asupan nutrisi yang memadai sehingga akan cepat atau lambat akan menimbulkan gejala kurang gizi.

2. Serangan penyakit

a. Infeksi diare

Penyakit pencernakan misalnya infeksi diare bisa menyebabkan kurang gizi, sebab buruknya terhadap penyerapan nutrisi yang sudah masuk ke dalam tubuh.

b. Kanker kolon

Penyakit kanker kolon akan menyerang sistem cerna dimana tepatnya pada bagian usus, yang apabila dibiarkan secara berkepanjangan tanpa dilakukan penanganan intensif dengan demikian penyerapan nutrisi dapat menjadi terhambat.

Berikut merupakan gejala kekurangan gizi, diantaranya:

1. Kulit dan rambut kering
Penderita yang mengalami kurang gizi akan mengeluh permukaan kulit akan tampak kering serta bersisik, hal ini merupakan gejala kurangnya nutrisi yang dapat dalam menjaga kesehatan kulit dengan normal, hal lain bisa menyebabkan rambut penderita akan cenderung kusam serta kering.

2. Masalah kesehatan mulut
Pada penderita yang mengalami kekurangan gizi akan mengalami gejala yang beragam seperti masalah pada mulut, seperti gusi bengkak sampai cenderung akan mudah berdarah.

3. Berat badan kurang
Penderita yang mengalami kurang gizi maka berat badannya di bawah normal, dimana tubuh akan kurus kering serta timbul gambaran tulang yang mencolok, yang disertai dengan adanya gangguan ataupun hambatan pada pertumbuhan fisik.

4. Terhambatnya aktifitas
Kurangnya asupan nutrisi bisa menghambat aktifitas hariannya menjadi kurang produktif, dimana aktifitas otak untuk berkonsentrasi juga akan terganggu serta tidak maksimal.

5. Terkikisnya kekebalan tubuh
Penderita yang mengalami kekurangan gizi dapat lebih mudah terserang oleh bibit penyakit sebab kondisi tubuhnya jauh dari keadaan fit serta kekuatannya juga jauh berkurang.

6. Melemahnya tulang
Selain menyebabkan aktifitas menurun, dimana bagian tulang akan mengalami kerapuhan, pada penderita yang mengalami gizi kurang akan dengan mudah mengalami retak ataupun patah tulang sebab buruknya ketersediaan terhadap cadangan maupun asupan nutrisi yang memadai.

Berikut merupakan upaya penanganan kondisi kekurangan gizi, diantaranya:

1. Perbaiki asupan nutrisi
Penanganan pada penderita yang mengalami kurang gizi yakni dapat memberikan nutrisi dengan layak dan juga mencukupi, dapat dimulai dari menu karbohidrat dengan bentuk nasi serta roti, protein dengan jenis lauk pauk baik yang berasal dari nabati misalnya tahu maupun dari hewani misalya telur dan lainya, dapat memberikan sayur dan buah dengan berbagai kandungan vitamin serta pemberian susu yang kaya dengan nutrisi.

2. Lakukan pengobatan
Untuk upaya ini dapat dilakukan jika ditemukan gejala penyakit yang melatarbelakangi timbulnya kekurangan gizi, seperti pengobatan dengan intensif pada penyakit diare akibat infeksi ataupun masalah pada pencernakan lain.

3. Minimalisir kebiasaan buruk
Akibat kebiasaan yang kurang sehat seperti salah diet maupun akibat kebiasaan merokok harus diminimalisir dengan ketat, alangkah baiknya biasakan hidup sehat seperti menghindari rokok, hindari konsumsi minuman beralkohol, dan lainya.

author
No Response

Leave a reply "Tips Cara Mengatasi Untuk Kekurangan Gizi"