Upaya Dalam Pengobatan Penyakit Bronkiolus

Upaya Dalam Pengobatan Penyakit Bronkiolus – Bronkiolus berperan agar dapat mengendalikan aliran udara yang terdapat di paru – paru serta pada saat rusak atau mengalami infeksi sehingga dapat membengkak dan akan tersumbat dengan demikian akan membuat aliran oksigen dapat menjadi terhambat. Pengobatan yang dapat dilakukan agar dapat menyembuhkan kondisi bronkiolitis akan berbeda – beda diantara dua jenis bronkiolitis. Berikut diantaranya:

1.Viral Bronkiolitis
Untuk kondisi viral bronkiolitis ringan tidak diperlukan upaya pengobatan, namun kondisi yang sudah kronis pada bayi sehingga diperlukan rawat inap. Dokter dapat memberikan oksigen, nebulizer serta perawatan dengan cairan intravena. Sedangkan jenis obat antibiotik tidak dapat digunakan dalam membunuh virus, namun terdapat beberapa obat yang dapat digunakan agar dapat membuka saluran nafas pada bayi.

2. Bronkiolitis Obliterans
Untuk kondisi bronkiolitis obliterans tidak ada obatnya, akan tetapi kostikosteroid dapat digunakan agar dapat membersihkan lendir yang terdapat di dalam paru – paru bayi, dapat mengurangi radang juga dapat membuka saluran nafas. Perawatan dapat menggunakan oksigen dan obat imunosupresan agar dapat mengatur imunitas atau daya tahan tubuh. Selain itu, dengan latihan pernapasan serta dengan pengurangan stress dibutuhkan supaya apat mengurangi kesulitan untuk napas pasien. Selain itu untuk kondisi yang parah, dengan demikian diperlukan tranplantasi paru-paru.

Upaya Dalam Pengobatan Penyakit Bronkiolus

Upaya Dalam Pengobatan Penyakit Bronkiolus

Untuk tahap pemulihan, dengan demikian diperlukan banyak istirahat serta dengan memperbanyak asupan cairan. Selain itu juga, kondisi rumah harus terbebas dari adanya asap dan bahan kimia berbahaya. Berikut merupakan upaya pemulihan yang dapat dilakukan diantaranya:

1. Humidifier
Jika kamar dalam kondisi kering, dengan demikian humidifier dapat digunakan agar dapat membuat udara akan menjadi lebih lembab serta dapat mengurangi batuk. Jagalah agar hunidifier tetap dalam kondisi bersih supaya bakteri serta jamur tidak dapat berkembang.

2. Uap Air Panas
Supaya saluran napas dapat lebih terbuka, dengan demikian dapat menggunakan uap air panas.

3. Banyak Minum
Penderita yang mengalami bronkiolitis harus minuman asupan cairan yang lebih banyak dengan demikian dapat mencegah dehidrasi misalnya minum air putih atau jus.

4. Over The Counter (OTC)
OTC adalah obat tetes hidung garam supaya dapat mengurangi mampet terhadap hidung. OTC sangat aman serta tidak akan berbahaya dengan demikian dapat digunakan pada anak – anak.

5. Pereda Nyeri
Pereda nyeri misalnya obat acetaminophen dapat digunakan agar dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan dan dapat memperlancar sehingga harus minum lebih banyak cairan serta harus memperhatikan agar tidak memberikan aspirin terhadap anak karena dapat menyebabkan sindrom eye.

6. Bebas Asap Rokok
Infeksi saluran pernapasan bisa semakin parah apabila ada di ruang yang banyak dengan asap rokok.

7. Madu Mentah
Madu mentah ataupun madu murni di dalanya mempunyai banyak nutrisi misalnya sumber enzim, vitamin serta mengandung mineral yang bermanfaat untuk pembentukan alkalin, dapat menstabilkan fungsi imunitas tubuh, mengatasi batuk serta sakit tenggorokan.

8. Minyak Oregano
Minyak oregano mengandung antibiotik yang sangat baik dalam mengobati penyakit bronkiolitis. Beberapa kandungan yang terdapat di dalam minyak oregano misalnya carvacrol dapat mengurangi hambatan serta pembengkakan yang terjadi pada dada

9. Bawang Putih
Bawang putih dapat digunakan dalam mengobati penyakit bronkiolitis secara alami. Kandungan yang terdapat dalam bawang putih misalnya allicin yang dapat menyembuhkan infeksi serta radang. Selain itu dalam bawang puith juga terdapat nutrisi yakni vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, zat besi, serta tembaga.

author
No Response

Leave a reply "Upaya Dalam Pengobatan Penyakit Bronkiolus"