Di Jamin Lulus Tes Pertanyaan Wawancara Menjadi Guru

Di Jamin Lulus Tes Pertanyaan Wawancara Menjadi Guru – Kali ini Admin ingin berbagi cerita mengenai pertanyaan yang sering ditanyakan disaat menghadapi interview atau wawancara di saat menjadi calon guru. Ok gak usah terlalu panjang lebar, to the point aja yah, berikut beberapa point nya.

Di Jamin Lulus Tes Pertanyaan Wawancara Menjadi Guru

Di Jamin Lulus Tes Pertanyaan Wawancara Menjadi Guru

1. Perkenalkan mengenai diri anda

Sebisa mungkin perkenalkan diri Anda denggan cara singkat, menyangkut nama lengkap dan nama panggilan, asal tempat tinggal, pendidikan & pengalamanmu sesuai dengan bidang yang sedang dilamar, Sebenarnya mereka (HRD) bisa membacanya di CV yang sudah Anda berikan. Namun jangan sekali kali Anda menyuruh mereka membaca cv mu yah, jangan membuat mood-nya para pewawanca menjadi down, masih dipertanyaan yang pertama dah bikin badmood, & kesan yg gak baik, gimana mau melanjut kepertanyaan yang berikutnya)

2. Mengapa Anda memilih melamar di sekolah ini ?

Anda bisa menjawabnya dengan memberikan suatu alasan yang cukup singkat saja, mungkin Anda bisa menjawab dengan menceritakan tentang reputasi sekolah ini dan di luar sekolah, Anda bisa menjawab mengenai prestasi sekolah tersebut & beberapa program unggulannya dan niat anda yang ingin terlibat didalamnya

Mengapa anda ingin menjadi guru, apa motivasi anda ?Berikan suatu alasan yang cukup jelas, dan jangan bertele-tele, contohnya : saya ingin menjadi guru lantaran saya senang mengajar, senang dalam mendidik anak, dan tertarik sebagai praktisi pendidikan. Atau Anda dapat menjawab dengan latar belakangmu, latar belakang keluarga, pendidikan, serta pengalaman yang lebih real).

3. Apa yang anda tahu tentang sekolah ini?

Ketika menjawab pertanyaan ini, Anda harus mengetahui dulu tentang sekoah ini, bisa browsing dulu tentang profil singkat sekolah tersebut, beberapa prestasi sekolah terseebut, kurikulum sekolah dan info penting lainnya. Ingat, persiapkan hal ini sebelum melakukan wawancara)

4. Apakah Anda punya kerabat atau relasi dengan pegawai/pimpinan di sekolah ini?

Jika Anda punya kerabat, atau teman disekolah ini jawab seadanya, jika tidak memiliki kerabat/relasi juga tidak masalah)
Darimana info lowongan anda ketahui?
Pertanyaan ini sih jawabnya sangat gampang yah, sebutkan saja dari mana Anda mendapatkan sumber informasinya, internet, sosial media , TV, Koran, Majalah, dll.) )

5. Apakah Anda memiliki pengalaman dalam mengajar? Dimana, & berapa lama?

Ketika menjawab pertanyaan ini Jawab dengan jelas & singkat, serta jawab seperlunya saja, yang perlu di ingat jangan sampai berbeda dengan yang ada di isi cv mu, jika Anda memang seorang fresgraduated terangkan saja mengenai pengalaman ketika masa PPL/KKN jika memang diperlukan )

6. Apa filosofi Anda mengenai pendidikan?

Pada pertanyaan yang satu ini si HRD ingin mengetahui alasan apa yang telah membuat anda mencintai pendidikan, & apa pandangan anda mengenai hakikat pendidikan itu, jawabnya berupa opini serta pandangan Anda.

7. Bagaimana Anda dalam memanagement kelas?

Untuk pertanyaan ini ceritakan saja bagaimana Anda akan mengelolah seluruh kegiatan yang ada di kelas, & metode kegiatan Anda belajar mengajar di kelas.

8. Di level (grade) berapakah anda lebih suka mengajar? Dan mengapa anda suka dengan level itu?

Anda bisa menyebutkan level/grade yang anda sukai, elementary, middle school or high school, ceritakan secara singkat pengalaman anda mengajar di kelas itu, bila memang masih fress graduate dapat menceritakan pengalaman PPL ketika di sekolah )

9. Bagaimana Anda dapat mengatasi anak nakal di ruangan kelas?

Ketika menjawab pertanyaan ini tidak perlu susah atau berpikir keras, jawab saja bahwa bila ada anak nakal akan anda tegur & di beri nasehat dengan baik. Dan umumnya si HRD akan lebih lanjut bertanya : seperti apa contohnya? Nah saat inilah anda harus menerangkan secara detail. Anda harus mampu berusaha menjelaskan kepada HRD bahwa seorang guru tidak pantas untuk menempelkan stigma “Nakal” pada seorang anak. Pada kenyataanya tidak ada anak yang nakal, seorang anak disebut nakal biasanya karena tidak taat pada aturan atau mungkin lantaran dia ikut-ikutan dengan teman-temanya atau mencontoh seniornya). Dan untuk diawal pelajaran sepertinya harus ada kesepakatan, contohnya jika telat dari 10 menit maka konsekuensinya tidak bisa untuk masuk kelas. Kesepakatan harus terus dijalankan, konsekuensi kesalahan harus dijalankan agar anak disiplin, dan seorang guru juga harus tahu alasan mengapa si anak telat dan memberikan masukan atau nasehat agar tidak mengulanginya kembali.

10. Apakah Anda setuju dengan hukuman bila siswa tidak disiplin, nakal atau melakukan suatu kesalahan di dalam kelas?

Seperti apa yang sudah saya jelaskan diatas (no.11), jika diawal pembelajaran tealh dibuat suatu kesepakatan maka tentunya bagi setiap anak yang melanggar peraturan maka akan mendapat punishment. Punishment yg dimaksud bukanlah suatu tindakan fisik, tetapi verbal mungkin saja bisa menjadi pilihan tetapi seorang guru harus memahami dengan keadaan psiologis anak didiknya.

11. Apakah Anda seorang penyabar ? Seberapa sabar anda ketika menghadapi anak yang bandal?

Dari pengalaman yang ku dapat , saya menjawab bahwa saya cukup sabar, jika ada anak “bandal/nakal” saya akan menegurnya dan apabila dilakukan berulang , langkah selanjutnya lebih baik jika berdiskusi langsung dengan orang tua si anak..

12. Menurut anda disiplin itu seperti apa?

Jelaskan saja pemahamanmu. Misalnya disiplin itu ialah melakukan segala sesuatu secara tepat, hadir tepat waktu, dan mengerjakan bagian tugas atau tanggung jawab dengan tepat & waktu yang tepat.

13. Apa yang anda ketahui mengenai kurikulum ?

Ketika menjawab pertanyaan ini jelaskan gagasan atau opini singkatmu mengenai kurikulum, tujuan dibuatnya suatu kurikulum serta mengapa kurikulum itu sangat penting. Tidak usah bertele-tele. Jawaban yang bersifat bertele-tele akan memberi kesempatan untuk HRD dalam menanyakan pertanyaan baru dari jawaban yang anda berikan. Sehinga pertanyaannya nanti bisa beranak.

14. Bagaimana cara anda menjadikan kelas itu menjadi kelas yang hidup, menarik & tidak jenuh?

Pada pertanyaan ini sebenarnya si HRD ingin lebih mengetahui seberapa kreatifnya anda mengelolah kelas. Jawaban yang tepat bisa dengan membuat permainan singkat dikelas, atau bisa memulai kelas dengan di awali bernyanyi, berikan waktu bagi siswa untuk menyampaikan pendapatnya. Membuat sebuah grup discussion, atau bila ada siswa yang berani untuk melakukan stand up didepan kelas, atau memperlihatkan bakat mereka sejenak sebelum kegiatan belajar di mulai. Dan banyak kreatifitas lainnya yang bisa dilakukan. Kita bisa menggunakan suatu media atau multimedia dalam belajar bisa menjadi salah satu cara dalam mengatasi kejenuhan anak ketika belajar. Menggunakan tehnik metode belajar yang lebih variatif.

15. Bagaimana cara anda menghadapi stress, kepenatan anda sendiri?

Pertanyaan ini muncul untuk bisa menilai anda saat memiliki banyak kerjaan, Jadi seorang guru tidak hanya mengajar, ada tugas lainnya seperti surat-menyurat, menyusun rpp, lks atau proses administrasi lainnya yang harus Anda urus, banyak koreksian, mempersiapkan materi dan bahan materi lainnya. Bila saya menghadapi stress makah hal yang saya lakukan untuk menghilangkan tingkat stress ialah dengan mendengarkan musik atau bermain gitar, jalan-jalan, dan lain-lain. Anda bisa menjawabnya dengan melakukan hoby sendiri.

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan interview menjadi calon guru ialah bagaimana Anda bisa menjawab petanyaan si HRD secara jujur dan dengan jawaban yang sngkat, tegas & jelas. Hindari jawaban yang Anda buat-buat apalagi melakukan kebohongan. Umumnya jawaban yang dibuat-buat, akan kelihatan dari bahasa tubuh kita dan terlihat tidak masuk akal. Jika sudah memiliki suatu pengalaman alangkah baiknya menjawab sesuai pengalaman mengajar Anda. Gunakan menggunakan pilihan kata yang memang tepat, karena cara anda menjawab & kata yang anda gunakan menggambarkan mengenai pemahaman anda. Jangan pernah mengkeluarkan istilah asing, gunakan istilah yang umum dari jawabanmu.

author
One Response
  1. Pertanyaan Tes Wawancara Kerja Menjadi Guru Di Sekolah | Askep331 year ago

    […] »» Klick Disini Untuk Mengetahui Pertanyaan Wawancara Menjadi Guru Di Jamin Lulus […]

    Reply

Leave a reply "Di Jamin Lulus Tes Pertanyaan Wawancara Menjadi Guru"