Pertolongan Pertama Pada Asma Kambuh Mendadak

Pertolongan Pertama Pada Asma Kambuh Mendadak – Serangan asma terhadap penderita asma dapat terjadi kapan saja tanpa diketahui sebelumnya. Jika kondisi asma kambuh secara mendadak dan tidak segera ditolong sehingga dapat menimbulkan efek yang fatal. Pada saat serangan asma terjadi dengan demikian otot yang bekerja pada saluran paru – paru dapat mengalami ketegangan serta mengakibatkan kejang.

Serangan asma dengan kondisi yang sangat ringan akan terjadi selama beberapa menit, akan tetapi apabila kondisinya sangat parah sehingga dapat terjadi hingga beberapa jam. Terdapat beberapa faktor penyebab yang dapat memicu serangan asma, misalnya reaksi alergi, adanya asap rokok, serta keadaan kondisi tubuh yang dalam kondisi lemah.

Berikut merupakan pertolongan pertama terhadap penderita asma kambuh diantaranya :

1. Kenali Kondisi Penderita

Terlebih dahulu kenali kondisi penderita paa saat terkena serangan asma. Apakah penderita mengalami batuk parah, mengeluarkan suara atau bunyi pada saat bernafas, kesulitan untuk bernafas serta kesulitan untuk berbicara. Pengenalan keadaan tersebut dapat membantu dalam menentukan upaya untuk menolong penderita.

2. Tenangkan Penderita Asma

Berikanlah suatu jaminan bahwa Anda dapat mengatasi kondisi ini dengan demikian harus bersikap tenang. Lalu minta penderita agar tenang serta tetap bernafas secara pelan serta dapat melakukan instruksi agar dapat mengambil nafas serta menghembuskan nafas.

3. Cari Inhaler

Obat nafas atau alat pernafasan dengan bentuk inhaler merupakan bantuan yang sangat bisa diandalkan. Biasanya penderita yang mengalami asma selalu membawa alat ini agar dapat mengatasi serangan yang akan terjadi dimana saja serta kapan saja. Sehingga bantu penderita untuk mencari inhaler.

4. Bantu Menggunakan Inhaler

Pada saat sudah menemukan inhaler kemudian berikan bantuan terhadap penderita agar dapat menggunakan inhaler secara baik. Anda dapat membantu untuk memegang inhaler paa saat digunakan.

5. Buat Posisi Duduk Penderita Asma Nyaman

Posisi duduk pada penderita asma sangat mempengaruhi pada saat serangan asma terjadi. Dengan demikian upayakan untuk meminta penderita agar dapat duduk tegak. Posisi duduk yang tegak dapat membantu penderita yang mengalami asma dapat bernafas secara baik. Selain itu akan buat penderita asma akan merasa nyaman.

6. Amati Lagi Kondisi Penderita Asma

Dalam beberapa serangan mungkin saja penderita yang mengalami asma dapat langsung pulih, akan tetapi pada keadaan tertentu dimana serangan juga dapat menjadi lebih buruk. Oleh sebab itu perhatikan keadaan penderita asma, apakah sudah membaik atau keadaanya malah yang lebih mengkhawatirkan.

7. Ketika Penderita Kehilangan Kesadaran

Pada saat penderita yang mengalami asma kehilangan kesadaran sehingga terus awasi keadaan pernafasan penderitanya. Apabila tahap ini terjadi dengan demikian Anda tidak dapat berbuat apapun. Sehingga harus segera untuk meminta bantuan dari medis.

8. Setelah Serangan Asma Terjadi

Pada saat serangan asma sudah terjadi dengan demikian sebagai penolong harus dapat memastikan apakah penderitanya dapat beraktivitas sendiri ataupun tetap memerlukan bantuan.

Pertolongan Pertama Pada Asma Kambuh Mendadak

Pertolongan Pertama Pada Asma Kambuh Mendadak

Hal yang harus dilakukan oleh penderita asma

1. Penderita harus dapat mengenali gejala serangan asma apabila sudah menderita penyakit asma. Berikut gejala serangan asma yang harus dikenali seperti :

a. Penyebab dada sesak nafas dan terasa sangat sulit

b. Nafas akan menjadi tidak teratur

c. Dada akan merasa lebih sakit

d. Pada saat bernafas akan mengeluarkan bunyi nyaring seperti mengi

e. Batuk baik akibat flu atau keadaan tubuh yang lelah

2. Selalu membawa inhaler

3. Gunakan tanda seperti menggunakan gelang atau jenis apapun yang menunjukkan bahwa menderita asma.

4. Simpan nomor darurat di dalam ponsel.

5. Hindari semua jenis yang dapat memicu asma.

author
No Response

Leave a reply "Pertolongan Pertama Pada Asma Kambuh Mendadak"